Bhaktialam.co.id – Sayur tomat yaitu tanaman buah yang memiliki nama ilmiah Solanum lycopersicum ini bisa dijumpai sehari-hari dalam segala macam hidangan, baik dalam bentuk mentah, saus, jus, dan lain-lain. Wajar saja, banyak sudah tulisan yang telah dibuat tentang pengertian tomat, baik dari segi manfaat, kuliner, jenis, ataupun sekedar fakta tentang statusnya sebagai buah atau sayur.

Tomat termasuk Sayur atau Buah-buahan? Ini Infonya

Kata tomat itu sendiri berasal dari kata Spanyol “tomate” yang berasal dari kata Aztec “tomatl”. Namun, sebenarnya kata tersebut merujuk pada buah tomatillo atau ciplukan yang meskipun mirip dan sekeluarga, berbeda jenis. Kata untuk tomat yang kita ketahui sekarang dalam bahasa Aztec adalah “jitomate”.

Tomat termasuk Sayur atau Buah-buahan? Ini Infonya

Pada awal abad ke 16, para pendatang dari Spanyol membawa kembali tanaman tomat bersama mereka. Perkembangannya cukup cepat, namun baru dapat diterima di Italia sebagai bahan makanan pada abad berikutnya. Sebelumnya, tomat dianggap sebagai tanaman hias dan tidak banyak dikonsumsi.

Meski penggunaannya sekarang terkenal dalam masakan Italia dan Spanyol, tanaman tomat itu sendiri berasal dari daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian barat, yang salah satunya sekarang berada di wilayah Mexico. Tanaman tersebut didomestikasi oleh penduduk lokal dari kerabat liarnya, dengan budidaya awalnya sudah dimulai pada abad sebelum masehi. Tidak seperti saat ini, tomat pada waktu itu masih berbentuk buah kecil, seperti tomat ceri, dan tersedia dalam berbagai warna.

Banyak dari kita sulit mendeskripsikan tomat. Ada yang menggolongkannya sebagai buah, ada juga yang menggolongkan sebagai sayur. Faktanya, tomat merupakan buah dan sayur sekaligus. Kesimpulan ini kita dapat dari arti harfiah buah dan sayur.

Buah didefinisikan sebagai produk tanaman yang mengandung biji dan umumnya dapat dimakan. Dari definisi tersebut, apa pun yang tumbuh dari tanaman dan mengandung biji seperti apel, mentimun, cabai, labu, alpukat, dan lain sebagainya disebut buah. Tak terkecuali dengan tomat. Sementara itu, sayuran didefinisikan sebagai bahan pangan yang berasal dari tumbuhan, biasanya memiliki kadar air tinggi.

Sayuran tidak melulu berupa daun. Batang yang masih muda seperti rebung, bonggol umbi, lobak, dan wortel juga termasuk sayuran. Ada juga sayuran berupa bunga, misalnya kecombrang dan turi. Sayuran berupa biji misalnya buncis dan kacang-kacangan. Sayuran juga bisa berupa buah, misalnya tomat.

Jadi tomat termasuk sayur atau buah-buahan? Jika ditinjau dari sudut pandang botani atau ilmu tentang tumbuhan, tomat termasuk buah karena mengandung biji. Bukan sayuran yang merujuk pada bagian lain dari tanaman seperti batang, daun, akar dan kuncup bunga.

Begitu juga secara kuliner dimana sayuran biasanya disajikan dalam hidangan gurih. Sementara buah diolah jadi dessert, camilan atau minuman. Dilihat dari prinsip ini, tomatpun lebih cocok ke golongan sayur karena biasa ditambahkan dalam hidangan gurih.

Untuk di Asia sendiri seperti di Indonesia, tomat datang tidak lama setelah penyebarannya ke Spanyol melalui Filipina. Pada waktu yang bersamaan, tomat sudah diterima di masyarakat Italia dan Spanyol, dan memicu berbagai inovasi dalam masyarakat setempat.

Para ilmuwan mendefinisikan buah sebagai bagian dari tanaman yang memiliki biji di dalamnya. Sedangkan para pakar kuliner mendefinisikan buah sebagai bagian yang dapat dimakan dari tanaman dengan rasa manis.

Di sisi lain, para pakar kuliner mendefinisikan sayuran sebagai bagian yang dapat dimakan dari tanaman dengan rasa gurih. Sayuran bisa berupa daun (misal selada), batang (misalnya seledri), akar (semisal wortel), dan bunga (semisal brokoli). Dalam hal ini, para ilmuwan tidak memiliki definisi khusus untuk sayuran.

Menggunakan pendefinisian tersebut, kita bisa menjawab pertanyaan apakah tomat adalah buah atau sayuran. Menurut para ilmuwan, tomat jelas buah-buahan karena memiliki biji di dalamnya. Namun juru masak bersikukuh, tomat adalah sayuran, karena lebih condong ke rasa gurih ketimbang manis.

Terlepas dari perdebatan tentang tomat termasuk sayur atau buah, sampai sekarang tomat sudah terkenal di seluruh dunia termasuk di Indonesia sendiri. Setelah perjalanannya yang panjang selama berabad-abad dan bentuknya yang sudah jauh berbeda dengan dahulu, buah tersebut telah dan masih umum bagi banyak orang hingga kini.