Tips Agar Sayur dan Buah Awet Tahan Lama

Tips agar sayur dan buah awet tahan lama. Menjaga kesegaran buah-buahan dan sayur-sayuran adalah sebuah tantangan. Hal ini karena sayur dan buah merupakan solusi disaat kesibukan menyita waktu, atau keadaan darurat yang menyebabkan kesulitan memperoleh bahan pangan cukup untuk konsumsi sehari-hari. Akan tetapi, dalam menyimpan sayur dan buah, ada beberapa aturan yang mesti dilakukan.

Tips Agar Sayur dan Buah Awet Tahan Lama

Tips Agar Sayur dan Buah Awet Tahan Lama

Sayur dan buah yang segar sebenarnya adalah ‘makhluk hidup’ yang meskipun sudah dipetik dari pohonnya, masih memerlukan oksigen untuk bernapas dan mengeluarkan karbon dioksida. Kemampuan sayur dan buah untuk melakukan itu semua dipengaruhi oleh suhu tempat penyimpanan.

Semakin rendah suhu di tempat penyimpanan, maka semakin rendah juga kemampuan sayur dan buah untuk bernapas dan secara otomatis memperpendek masa simpannya. Semakin banyak oksigen yang dihirup dan karbon dioksida yang dikeluarkan, maka semakin mempercepat kedua bahan tersebut menjadi busuk dan rusak.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Berikut ini beberapa tips agar sayur dan buah awet tahan lama:

Rendam wortel, seledri, dan daun bawang dalam air
Agar tekstur daun bawang, wortel, dan seledri tetap garing dan tidak layu, simpan wortel, daun bawang, dan seledri utuh (jangan potong bagian atasnya atau akarnya) dalam air agar bisa tahan berminggu-minggu. Pastikan Anda rutin mengganti airnya.

Pisang tahan lebih lama dengan plastic wrap

Pisang - Tips Agar Sayur dan Buah Awet Tahan Lama
Membungkus bagian atas buah pisang dengan plastic wrap atau cling wrap (dengan erat) akan membuat pisang tahan lebih lama 3-5 hari sehingga tak cepat busuk. Satu lagi, jangan taruh pisang berdekatan dengan buah-buahan lain karena gas ethylene yang dihasilkan pisang akan membuat buah lain cepat matang dan membusuk.

Cuci strawberry dengan cuka
Cara ini membuat strawberry atau buah berry lainnya tahan lebih lama, kira-kira 1-2 minggu, dibandingkan yang tidak dicuci dengan larutan air dengan cuka.

Menyimpan sayuran hijau

Agar Sayuran hijau dan Buah Awet Tahan Lama

Jika Anda menyimpan sayuran hijau, hindari menyimpan bersamaan dengan tomat. Tomat memiliki kelembapan yang lebih tinggi sehingga bisa menyebabkan sayuran hijau menjadi cepat layu dan busuk.

Hindari stok berlebihan
Jangan menimbun bahan makanan terlalu banyak dalam kulkas. Hal ini akan mengganggu sirkulasi di dalamnya. Produk segar membutuhkan suhu yang optimal. Jika kulkas terlalu penuh, maka suhu tidak merata dan tidak konsisten sehingga merusak nutrisi dalam bahan makanan tersebut.

Simpan jagung dengan kulitnya
Jagung lebih baik dimakan atau diolah sesegera mungkin, namun jika harus disimpan, simpan dengan kulitnya. Hal ini wajib, sebab jagung yang ‘telanjang’ akan kehilangan rasa dan aromanya.

Jauhkan dari panas dan kompor gas
Jangan menyimpan sayur dan buah di dekat oven, di dekat kulkas, atau benda-benda lain yang mengeluarkan panas. Juga jauhkan dari gas. Panas dan gas bisa membuat buah dan sayur lebih cepat rusak karena menjadi matang lebih cepat.

Taruh tomat secara terbalik

Tomat-Tips Agar Sayur dan Buah Awet

Simpan tomat di suhu ruangan dengan bagian daun menghadap ke bawah untuk memperlambat proses pembusukan.

Oleskan lemon agar buah tidak gampang menjadi cokelat
Oleskan perasan buah lemon pada buah apel, pir, avokad, atau buah lainnya yang mudah berubah menjadi cokelat yang sudah dipotong agar segar lebih lama dan tidak cepat berubah warna.

Menyimpan bawang
Bawang yang belum dikupas bisa bertahan lama jika Anda menyimpannya dengan benar. Simpan dalam suhu ruangan di tempat kering dan terbuka untuk menjaga sirkulasi udara. Simpan dalam keranjang berlubang, hindari menyimpan dalam wadah tertutup, dan pisahkan dari jenis sayuran lain agar tidak cepat busuk.

Jangan simpan kentang bersamaan dengan bawang

kentang - Tips Agar Sayur dan Buah Awet Tahan Lama

Agar kentang tetap segar dan tahan lebih lama, hindari menyimpan bersamaan dengan bawang. Seorang ahli pangan di Penn State University mengatakan, kentang dan bawang sama-sama melepaskan uap air dan gas yang bisa menyebabkan satu sama lain cepat membusuk.

Periksa buah dan sayur yang busuk
Satu buah atau sayur yang busuk bisa membuat yang lain ikut busuk. Segera singkirkan agar yang lain tetap bisa bertahan lebih lama.

Simpan di freezer
Tapi jangan langsung membekukan sayuran begitu saja, karena enzim dalam sayuran tetap aktif ‘mematangkan’ sayuran meski dalam keadaan dingin bahkan beku. Rebus atau rendam sayuran dalam air mendidih. Jangan sampai matang, cukup sampai sayuran agak pucat, lalu angkat. Rendam dalam air dingin hingga suhunya netral. Keringkan sayuran dengan sempurna, lalu bekukan.

Jangan letakkan beberapa jenis sayuran dan buah di kulkas
Mentimun, pisang, kentang, tomat, bawang bombai, bawang putih, avokad, dan melon adalah beberapa jenis sayur dan buah yang sebaiknya disimpan di suhu ruangan, bukan di kulkas. Menyimpannya di kulkas justru mempercepat proses pembusukan.

Tidak semua bahan perlu disimpan dalam kulkas
Kebiasaan Anda mungkin menyimpan semua sayur dan buah dalam kulkas tetapi tidak semua bahan makanan cocok disimpan dalam kulkas, misalnya kentang, bawang, daun kemangi, atau avokad sebaiknya ditaruh pada suhu ruang.

Menjaga kebersihan kulkas

Kulkas-Tips Agar Sayur dan Buah Tahan Lama

Salah satu hal yang paling penting adalah menyimpan makanan dalam kulkas bersih. Hal ini untuk menjaga makanan tetap segar dalam waktu yang lama. Sisa residu atau jamur yang ada di kulkas bisa membuat makanan yang disimpan dalam kulkas cepat busuk.