Segudang Inspirasi dari Pohon dan Buah Kelapa

Segudang inspirasi dari pohon dan buah kelapa. Orang dahulu sering melambangkan pohon kelapa sebagai bentuk daripada kehidupan yang bahagia. Hal ini dikarenakan semua bagian dari pohon ini dapat dimanfaatkan secara utuh oleh manusia. Mulai dari ujung daunnya sampai ujung akarnya bisa dimanfaatkan. Manusia yang bisa memberikan manfaat kepada orang lain dikatakanlah sebagai orang yang makmur dan sejahtera.
Betapa kokohnya konstruksi buah kelapa dan termasuk buah dengan “sistem pertahanan” paling kuat. Bahkan buah durian saja, kalah sempurna dari sisi pertahanan dirinya. Buah kelapa tak akan bisa dibuka dengan pisau, dengan palu, bahkan sulit dibuka dengan gergaji. Alat yang lazim digunakan untuk membuka buah kelapa ialah golok, kapak, atau tonggak tajam yang ditancap di atas tanah. Alat standarnya golok, baik untuk menghilangkan bagian sabut maupun membuka batok kelapanya.

Segudang Inspirasi dari Pohon dan Buah Kelapa

Segudang Inspirasi dari Pohon dan Buah Kelapa
Pohon dan buah kelapa memberikan manfaat kepada orang lain, tanpa pernah mengharapkan balasan dari orang yang memetiknya. Inilah yang dimaksud dengan melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan.
Nah berikut ini adalah segudang inspirasi dari pohon dan buah kelapa,
Batang pohon kelapa
Kayu dari batangnya bisa dimanfaatkan untuk dijadikan papan rumah, tiang penyangga bangunan, dan bisa pula dijadikan jembatan darurat.
Daun kelapa
Daun kelapa, dijadikan sebagai atap rumah setelah dikeringkan. Membuat anyaman tikar, tempat bertelur ayam ataupun bebek. Selain itu, daunnya yang muda dapat dipakai sebagai bahan anyaman pembuatan ketupat ataupun berbagai bentuk hiasan dan kerajinan tangan yang sangat menarik.
Akar pohon kelapa
Akar pohon kelapa, berfungsi sebagai penahan terjadinya erosi dan longsor. Dimanfaatkan pula sebagai kayu bakar dan hiasan-hiasan kerajinan tangan. Luar biasanya lagi, akar dari pohon kelapa yang berserabut ini, menginspirasi para pakar ahli bidang arsitektur dalam penemuan teknologi penyangga dan pondasi bangunan pencakar langit. Hal ini terbukti dengan banyaknya bangunan tinggi nan kokoh berdiri tegak karena menggunakan teknik pembuatan seperti akar pohon kelapa.
Tangkai daun kelapa
Tangkai daun kelapa, yang biasa kita menyebutnya sebagai lidi. Lidi bisa dimanfaat sebagai perekat suatu bungkusan. Bisa dijadikan tusuk gigi. Dan yang paling utama adalah bisa dijadikan sebagai sapu lidi, jika banyak lidi dihimpun menjadi satu. Ini sangat berguna untuk membersihkan sampah dan kotoran.
Buah kelapa
Segudang Inspirasi dari Pohon dan Buah Kelapa
Buah kelapa memiliki lapisan-lapisan kulit yang tebal. Lapisan terluar adalah “kulit terluar” atau mungkin disebut epidermis. Kulit terluar ini keras, tebalnya sekitar 1-2 mm. Ia tidak bisa diiris dengan pisau, tetapi harus dihantam dengan golok. Setelah itu ada bagian kulit yang cukup tebal, yaitu sabut kelapa. Sabut ini juga cukup sulit membersihkannya, apalagi kalau kelapanya masih muda.
Buah kelapa merupakan bagian yang paling bernilai ekonomis. Padanya terdapat sabut yang berupa serat-serat kasar yang bisa digunakan sebagai bahan bakar, pengisi jok kursi, anyaman tali, keset, serta media tanam bagi tumbuhan.
Air kelapa
Air kelapa mengandung beraneka enzim dan memilki khasiat luar biasa untuk penetral racun dan memberikan efek penyegar dan penenang, serta pencegah dehidrasi. Endapan dari air kelapa ini bisa diolah menjadi nata de coco yang bernilai tinggi.
Daging buah kelapa
Daging buahnya yang berwarna putih bisa dijadikan sebagai pengenyang dan penghilang rasa lapar. Dagingnya yang muda dan masih lunak disantap sebagai es kelapa yang menyegarkan. Sedangkan dari dagingnya yang tua bisa diolah untuk menjadi minyak, santan, pliek, dan lain sebagainya.
Batok kelapa
Batok kelapa banyak dimanfaatkan untuk membuat arang, sebagai ganti bahan bakar minyak tanah dan kayu bakar. Tempurung atau batok, bisa digunakan sebagai bahan bakar, pengganti gayung, wadah minuman, sendok, dan bahan baku berbagai kerajinan tangan.
Tandan bunga kelapa
Tandan bunga kelapa yang masih muda biasanya dipakai orang untuk hiasan dalam upacara tertentu. Dan sebagian orang membuatnya menjadi olahan makanan nikmat.
Cukup menginspirasi bukan? Jangan kalah dengan pohon dan buah kelapa yang memberikan banyak manfaat kepada orang lain.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *