Outbound Atau Mancakrida Artinya Apa Sih?

Outbound atau mancakrida artinya apa sih? Outbound merupakan suatu kegiatan di luar ruangan yang banyak sekali manfaatnya. Metode pembelajaran outbound adalah permainan sebagai bentuk penyampaiannya. Dalam permainan skill, individu tidak hanya ditantang berpikir cerdas namun juga memiliki kepekaan sosial. Peserta outbound akan lebih banyak dituntut mengembangkan kemampuan ESQ (Emotional and Spiritual Quotient) nya, disamping IQ (Intellegent Quotient).

Pengertian outbound adalah kegiatan di luar ruangan dengan bermain sambil belajar yang didalamnya terdapat unsur olahraga. Hingga kini, banyak program outbound yang diciptakan dan selalu berkembang dari hari ke hari mengikuti pola kehidupan masyarakat. Hal ini terbukti dengan banyaknya provider menyediakan paket seperti outbound Malang, outbound Bogor, outbound Bhakti Alam Pasuruan dan banyak lagi.

Outbound Atau Mancakrida Artinya Apa Sih?

outbound atau mancakrida artinya apa sih
Kegiatan outbound atau mancakrida menjadi metode yang cukup bagus untuk meningkatkan kerjasama tim. Sekarang sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan, instansi-instansi ataupun komunitas-komunitas dalam rangka meningkatkan performa tim.

Arti Outbound dalam Bahasa Indonesia
Outbound atau mancakrida artinya adalah sebuah kegiatan yang dilakukan di alam terbuka dengan simulasi permainan yang dilakukan secara individu maupun kelompok. Biasanya memanfaatkan alam terbuka sebagai media, biasanya berbentuk permainan yang bertujuan untuk mengembangkan karakter diri dan meningkatkan kerja sama antarpeserta.

Mancakrida dibentuk dengan memanfaatkan unsur “manca” pada kata mancanegara ‘negara asing; luar negeri’ yang berasal dari bahasa Jawa. Dengan beranalogi bahwa manca pada kata tersebut bermakna asing; luar kemudian kata itu digabungkan dengan kata krida yang bermakna ‘1 olah; perbuatan; tindakan; 2 olahraga’.

Definisi atau arti outbound yaitu sebuah kegiatan yang dilakukan pada alam terbuka dengan melakukan beberapa simulasi permainan baik itu secara individu ataupun kelompok. Outbound juga bermanfaat sebagai sarana yang bisa meningkatkan kebersamaan serta kekompakan tim.

Sebuah kegiatan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas personal maupun team work sebuah lembaga. Adapun sensasi yang dirasakan peserta outbound saat melihat tali yang membentang diantara bukit dan pohon yang besar, mengejar target, memainkan games seru dll, sangat memacu adrenalin. Akan tetapi harus mencoba untuk melakukan dan memecahkan tantangan yang sedang dihadapi. Hal ini bertujuan supaya pembelajaran dapat lebih mudah diserap oleh peserta.

Dalam rangka pengembangan dan pemerkayaan kosakata bahasa Indonesia, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa telah membuat padanan kata untuk menggantikan istilah outbound yaitu mancakrida.

Arti Outbound dalam Bahasa Bahasa Inggris
Outbound berasal dari bahasa Inggris. Terdiri dari kata Out dan Bound. Out berarti luar dan Bound berarti terikat. Secara istilah outbound berarti kegiatan yang dilakukan di luar ruangan dalam bentuk simulasi permainan dalam rangka pengembangan nilai-nilai individu maupun kelompok.

Outbound artinya kegiatan dengan metode bermain sambil belajar yang didalamnya terdapat unsur olahraga. Dalam pelatihan outbond selalu berdasarkan pada prinsip “experiental learning” yang disajikan dalam bentuk permainan, simulasi, diskusi, dan petualangan sebagai media penyampaian materi. Dalam aktivitas tersebut, peserta langsung terlibat pada aktivitas belajar sambil bekerja dan segera mendapat umpan balik tentang dampak dari kegiatan yang dilakukannya.

Salah satu tujuan dari outbound adalah untuk meningkatkan kinerja seseorang khususnya yang berkaitan dengan mental dan perilaku seperti meningkatkan rasa percaya diri, berkomunikasi, berkerja sama, mengembangkan kretifitas, dan kemampuan mengatasi tekanan dan beragam kesulitan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Adapun outbound dapat dibagi menjadi 2 jenis, diantaranya yaitu:

Pengertian outbound atau mancakrida

Outbound anak-anak, adalah suatu aktifitas outbound yang dijalankan oleh anak-anak yang berumur antara 5 sampai 15 tahun. Biasanya untuk outbound anak bertujuan untuk mengoptimalkan keberanian, kepercayaan diri dan daya kreatifitas.

Outbound dewasa adalah suatu aktifitas outbound dimana kegiatan ini dilakukan oleh orang dewasa yang berumur lebih dari tujuh belas tahun keatas. Untuk Outbound dewasa ini memiliki beraneka macam permainan yang memacu andrenalin seperti arung jeram, paintball dan lain lain.

Dengan banyaknya permintaan masyarakat akan pentingnya outbound maka Bhakti Alam Pasuruan menyediakan: paket outbound mahasiswa, paket outbound dewasa, paket outbound pelajar dan edukasi.

Untuk melengkapi postingan tentang outbound atau mancakrida artinya apa sih? Dengan belajar dari pengalaman (experential learning) para peserta outbound dapat langsung mendapatkan solusi dalam sebuah persoalan diri ataupun team kerja.