Mengenal Buah dan Pohon Lengkeng Lebih Dekat

Mengenal buah dan pohon Lengkeng lebih dekat. Lengkeng (juga disebut kelengkeng, matakucing, longan, Dimocarpus longan, suku lerak-lerakan atau Sapindaceae) adalahmerupakan tanaman buah-buahan yang berasal dari daratan Asia Tenggara. Buahnya dapat dikonsumsi langsung, dibuat manisan, atau sebagai campuran es buah. Beberapa jenis kelengkeng diantaranya adalah kristal, pingpong, diamond river dan lain sebagainya.

Mengenal Buah dan Pohon Lengkeng Lebih Dekat

Mengenal Buah dan Pohon Lengkeng Lebih Dekat

Buah kelengkeng berbentuk bulat dengan kulit buah berwarna coklat kekuninngan, licin dan berbintil kasar. Soal rasa, kelengkeng memiliki rasa yang manis dan nikmat. Bentuk, ukuran dan rasa dari kelengkeng hampir mirip dengan leci. Penanaman pada lahan yang luas kelengkeng dapat tumbuh setinggi 40 m. Tanaman kelengkeng dapat tumbuh pada ketinggian 200-400 mdpl.

Buah Lengkeng

Buah Lengkeng sangat digemari banyak orang karena rasanya yang manis dan segar. Rasa buah ini sangat mirip dengan rasa buah leci. Hanya saja tekstur dan warn kulitnya yang membedakan. Selain rasanya yang enak, buah kelengkeng ini ternyata mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Lengkeng juga merupakan salah satu buah yang sangat mudah dijumpai. Buah ini juga termasuk buah lokal. Namun jangan salah, walaupun buah ini termasuk buah lokal, banyak dari cara penyajiannya yang bercita rasa internasional. Buah yang satu ini mengandung zat nutrisi dan vitamin yang memiliki manfaat bagi tubuh Anda. Beberapa manfaat buah lengkeng antara lain yaitu:
-Sebagai sumber energi
-Menyembuhkan luka
-Mengurangi stres
-Sumber Vitamin C
-Memperkuat tulang
-Menjaga kesehatan mata
-Membantu program diet

Buah berwarna cokelat dan berbentuk bundar ini ternyata memiliki manfaat menakjubkan untuk kesehatan tubuh. Manfaat buah kelengkeng berasal dari kandungan fruktosa yang merupakan senyawa yang mampu membantu kadar gula dalam darah. Walaupun memiliki segudang manfaat, perlu diingat bahwa penting untuk tetap menjaga jumlah konsumsinya.

Buah Lengkeng merupakan buah musiman. Namun saat buah kelengkeng sedang tumbuh, bisa dinikmati untuk mendapatkan segudang manfaat dari buah kelengkeng. Maka tak heran kalau kelengkeng banyak dijadikan sebagai bahan campuran makanan dan minuman.

Contoh penyajiannya saja pada kelengkeng yang dikemas dalam kaleng untuk menjaga kebersihan dan kualitas produknya agar selalu dalam keadaan yang baik. Kelengkeng segar yang biasanya dapat ditemui di pasar tradisional ternyata juga tak kalah kualitasnya dengan yang dijual di supermarket.

Varietas Pohon Lengkeng

Pohon kelengkeng termasuk tanaman buah yang cukup banyak dibudidayakan. Tingginya harga kelengkeng membuat banyak orang ingin menanam sendiri dan diperdagangkan. Selain buahnya yang manis dan lezat, rimbun daun dan percabangannya yang rindang dapat berfungsi sebagai peneduh di halaman rumah.

Mengenal Buah dan Pohon Lengkeng

1. Lengkeng Aroma Durian
Kelengkeng Aroma Durian ini memiliki keunggulan dengan aromanya yang harum layaknya buah durian. Rasanya juga seperti durian setengah matang. Kelengkeng aroma durian sering juga disebut kelengkeng mata naga. Kulitnya berwarnya putih dan tipis, serta daging buah tebal dan biji yang kecil. Selain itu, tekstur daunnya kaku dan berwarna hijau tua.

Lengkeng aroma durian ini dipercaya ada pertalian dengan varietas pingpong. Jenis lengkeng ini percabangannya banyak sehingga untuk membuat rimbun pada jenis aroma durian ini sangat mudah.

2. Lengkeng Merah atau Ruby Longan
Kelengkeng merah merupakan salah satu tanaman buah kelengkeng yang tergolong ekslusif. Pasalnya kelengkeng ini memiliki keistimewaan pada tampilannya yang sangat menarik, bayangkan saja hampir semua bagian pohon ini memiliki warna merah yang seronok, mulai dari daun, batang hingga buahnya juga berwarna merah.

Lengkeng merah atau dikenal dengan kelengkeng rubi longan sangat cocok jika ditanam di dalam pot atau tabulampot. posturnya yang pendek dan sifatnya yang rajin berbuah menjadi keunggulan tersendiri. Yang membuat kelengkeng merah makin istimewa adalah kelengkeng ini mempunyai citarasa yang memiliki tingkat kemanisan paling tinggi mencapai 21 briks.

3. Lengkeng New Kristal
Kelengkeng New Kristal tersohor akan keunggulan diman mampu menghasilkan buah dengan dompolan yang amat sangat banyak, satu dompolnya bahkan bisa mencapai berat 3 – 4 kg. Keunggulan lainnya adalah daging buahnya yang bening dan transparan. Daging buahnya agak tebal, kenyal, cenderung kering dan rasanya yang super manis.

Lengkeng New kristal atau yang sekarang telah berubah menjadi kelengkeng kateki ini merupakan merupakan jenis kelengkeng modern, artinya dalam satu pohon ini sudah terdapat bunga jantan dan bunga betina. Jadi dengan hanya menanam satu pohon saja sudah bisa dipastikan dapat berbuah.

4. Lengkeng Puangray
Kelengkeng PuangRay memiliki keunggulan rasa buahnya yang manis layaknya kelengkeng diamond river dan pingpong. selain itu, buahnya cenderung kering. Ukuran buahnya besar seperti kelengkeng pingpong dan bijinya kecil. Kelengkeng Puan Ray berasal dari dari negara Thailand.

Banyak orang yang bilang jikalau kelengkeng puan ray ini merupakan perpaduan kelengkeng diamond river dan kelengkeng pingpong. Keunggulan lainnya adalah Sifatnya yang genjah. Lengkeng ini dapat berbuah pada umur satu tahun dengan frekuensi berbuah yang tinggi meski tanpa perlakuan khusus.

5. Lengkeng Itoh
Kelengkeng itoh memiliki keunggulan dengan daging buahnya yang daging tebal, agak kering, dan memiliki biji kecil. ditambah lagi, tekstur dagingnya yang lembut serta rasa yang manis. tak anyal membuat kelengkeng jadi salah satu kelengkeng unggulan yang layak dibudidayakan.

Banyak yang bilang jikalau phon kelengkeng itoh merupakan hasil persilangan antara jenis kelengkeng diamond river dengan jenis lengkeng puang ray asal Thailand.

6. Lengkeng Diamond River
Kelengkeng Diamond River terkenal akan buah yang memiliki rasa yang manis banget dan sifarnya yang genjah / cepat berbuah. Daging buahnya berair dan punya aroma khas. Pohonnya punya banyak cabang dan tajuk daunnya rimbun. Jadi, sangat cocok untuk ditanam di halaman rumah supaya adem.

Daunnya berwarna hijau cerah, dengan lebar sekitar 4 cm dan sedikit bergelombang di tepiannya. Dalam setahun, kelengkeng diamond river bisa berbuah mencapai 5-10 kg. Cuma karena buahnya yang cenderung berair, kelengkeng diamond river jadi gampang busuk.

7. Lengkeng Pingpong
Kelengkeng Pingpong ini amat tersohor karena buahnya memiliki ukuran besar hampir sebesar bola pingpong. Buahnya menghasilkan daging buah yang tipis dan biji besar. Selain itu, Aroma wangi dari kelengkeng ini sangat khas dan banyak yang bilang kalau manisnya kelewatan.

Sayangnya, cabangnya jarang-jarang dan tumbuhnya memanjang. Sehingga kalau gak diatur dan dipangkas rapi sejak awal, pohon kelengkeng pingpong bisa memakan tempat.